Sebagai Early Years & Kindergarten Teacher, Anda akan bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan belajar yang hangat, menarik, dan berbasis inkuiri bagi peserta didik usia dini dalam setting IB PYP. Dengan pendekatan play-based learning (pembelajaran berbasis bermain), guru memfasilitasi perkembangan holistik anak, yang mencakup aspek kognitif, sosial-emosional, bahasa, dan motorik. Peran ini menuntut terciptanya pengalaman belajar yang berpusat pada murid dan bersifat transdisipliner, selaras dengan filosofi IB serta regulasi SPK.
Tanggung Jawab Utama
- Merencanakan dan melaksanakan pengalaman belajar berbasis inkuiri dan bermain yang selaras dengan kerangka kerja IB PYP.
- Mendorong lingkungan belajar yang berpusat pada anak, berbasis praktik langsung (hands-on), di mana siswa dapat mengeksplorasi, berkreasi, dan mengembangkan keterampilan penting.
- Mengintegrasikan aktivitas bercerita (storytelling), musik, gerak, dan seni untuk mendorong perkembangan bahasa dan ekspresi kreatif.
- Mengembangkan kegiatan literasi dan numerasi yang sesuai usia melalui bermain, eksplorasi, dan koneksi dengan kehidupan nyata.
- Menggunakan asesmen formatif dan sumatif untuk memantau perkembangan siswa dan menyesuaikan strategi pembelajaran.
- Menciptakan lingkungan kelas yang aman, inklusif, dan menstimulasi untuk mendukung seluruh peserta didik.
- Mendukung perkembangan sosial-emosional anak melalui penguatan positif, permainan kolaboratif, dan teknik pengendalian diri.
- Mendorong kemandirian, kepercayaan diri, dan kemampuan pemecahan masalah melalui permainan terstruktur maupun bebas.
- Membimbing siswa dalam penyelesaian konflik dan ekspresi emosi dengan strategi yang sesuai usia.
- Bekerja sama secara erat dengan orang tua untuk mendukung kesejahteraan, transisi, dan perkembangan anak secara menyeluruh.
- Berkontribusi dalam pengembangan kebijakan sekolah, Professional Learning Communities (PLC), dan program pelatihan guru.
- Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, pertunjukan, dan pameran yang merayakan hasil belajar siswa.
Latar Belakang & Pengalaman
- Minimal 2 tahun pengalaman mengajar, diutamakan di sekolah IB PYP, sekolah internasional, atau bilingual dengan pendekatan pembelajaran berbasis bermain dan inkuiri.
- Memiliki pengetahuan tentang teori perkembangan anak dan praktik terbaik dalam pendidikan anak usia dini.
- Mampu menyesuaikan strategi mengajar untuk populasi siswa yang multikultural dan bersifat dinamis.
- Pengalaman bekerja di wilayah terpencil atau lingkungan industri menjadi nilai tambah.
- Pengalaman mengintegrasikan STEM, keberlanjutan, dan kesadaran lingkungan dalam kurikulum menjadi nilai plus.
- Pengalaman dalam pelatihan guru, pengembangan kurikulum, atau peran kepemimpinan pendidikan menjadi nilai tambah.
Kualifikasi Profesional & Pendidikan
- Minimal lulusan S1 Pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini, atau bidang terkait (S2 lebih diutamakan).
- Memiliki sertifikasi mengajar atau kredensial yang relevan (misalnya: S.Pd., M.Pd., PGCE, B.Ed., sertifikasi IB PYP, sertifikasi profesional play-based learning, atau yang setara).
- Pelatihan IB PYP dan pengalaman dalam perencanaan kurikulum IB sangat diinginkan.
- Mahir berbahasa Inggris sebagai bahasa pengantar; kemampuan bilingual dalam Bahasa Indonesia dan Inggris menjadi nilai tambah.
Keahlian & Kompetensi
- Integrasi dan penyelarasan kurikulum – pemahaman standar IB PYP dan persyaratan pendidikan nasional Indonesia.
- Sensitivitas budaya dan keterlibatan komunitas – memahami kebutuhan sosial dan emosional anak dalam lingkungan industri pertambangan.
- Resiliensi dan adaptabilitas – mampu bekerja di lingkungan sekolah terpencil dan mendukung siswa dengan dinamika keluarga transisi.
- Kolaborasi dan kepemimpinan – berpengalaman bekerja dengan tim lintas fungsi, orang tua, dan pemangku kepentingan.
- Penggunaan teknologi pembelajaran – familiar dengan LMS, pembelajaran berbasis teknologi, dan asesmen berbasis data.
- Pemahaman kuat tentang perkembangan anak usia dini dan pembelajaran berbasis bermain.
- Mahir dalam metode pengajaran berbasis inkuiri dan transdisipliner serta manajemen kelas.
- Memiliki kemampuan manajemen kelas yang sangat baik dalam setting play-based.
- Melaksanakan tugas lain yang relevan sesuai arahan Kepala Sekolah atau pimpinan terkait.
- Memiliki passion dalam menumbuhkan rasa ingin tahu, kreativitas, dan kemandirian belajar anak.
Lingkungan Kerja & Ekspektasi
- Memegang komitmen terhadap nilai IB PYP dalam kerangka Pancasila, serta memahami kebutuhan anak di komunitas industri pertambangan.
- Bersedia terlibat dalam pengembangan profesional, review kurikulum, dan program pelatihan.
- Menjaga pendekatan pembelajaran yang fleksibel dan berpusat pada anak.
- Fleksibel dalam bekerja dengan siswa yang orang tuanya memiliki jadwal kerja rotasi.
- Berkontribusi dalam menciptakan budaya sekolah yang positif dan mendukung perkembangan holistik siswa.
- Menjaga komunikasi yang terbuka dan efektif dengan siswa, orang tua, dan pimpinan sekolah.
- Menjaga pencatatan dan dokumentasi untuk mendukung perencanaan, proses pembelajaran, asesmen, dan pelaporan; serta merencanakan dan mengomunikasikan program sekolah secara tepat waktu.
