Catholic Religion Teacher/ Guru Agama Katolik

Guru Pendidikan Agama Katolik bertanggung jawab membantu siswa memahami nilai-nilai Kristiani serta bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas dan Tanggung Jawab Utama

1. Pengajaran & Kurikulum

  • Melaksanakan pembelajaran PYP & MYP dengan metode terkini, berfokus pada Learner Profile, inkuiri, sikap, dan keterampilan lintas disiplin.
  • Berkontribusi dalam pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi Kurikulum IB dan Kurikulum Nasional agar pembelajaran menantang, koheren, dan berkualitas.
  • Mengelola perencanaan dan dokumentasi pembelajaran menggunakan YPJ Unit Planner dan SharePoint.

2. Penguatan Nilai & Pembinaan Karakter

  • Memajukan visi, misi, dan nilai sekolah.
  • Membantu pertumbuhan iman Katolik serta menumbuhkan rasa bela rasa dan toleransi terhadap keragaman keyakinan.
  • Memfasilitasi siswa untuk mengembangkan potensi diri dan pertumbuhan pribadi.

3. Penilaian & Pendukung Pembelajaran

  • Menggunakan penilaian formatif dan umpan balik yang tepat waktu untuk meningkatkan capaian siswa.
  • Menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan latar belakang budaya-bahasa siswa.
  • Mengembangkan lingkungan belajar yang aman, peduli, dan mendukung kesejahteraan sosial-emosional siswa.

4. Kolaborasi & Komunikasi

  • Bekerja sama dengan rekan guru, pimpinan, dan orang tua untuk mendukung pembelajaran siswa.
  • Berkomunikasi efektif dengan siswa dan orang tua terkait perkembangan belajar.
  • Menghadiri rapat, kegiatan sekolah, dan melaksanakan pengawasan sesuai tugas.

5. Kegiatan, Pengalaman, & Keterampilan

  • Mendukung After-School Activities (ASA), ekstrakurikuler, dan layanan dukungan.
  • Mematuhi kebijakan dan prosedur yayasan/organisasi.
  • Melaksanakan tugas tambahan, termasuk jadwal guru pengganti.

Kualifikasi, Pengalaman, dan Keterampilan :

  • Minimal S1 Pendidikan Agama Katolik / Teologi /Filsafat;
  • Lebih disukai jika memiliki pengalaman mengajar;
  • Mampu mengelola pembelajaran berbasis teknologi dan dokumentasi digital;
  • Memiliki pemahaman tentang Kurikulum IB dan Kurikulum Nasional;
  • Mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik dalam lingkungan sekolah;
  • Memiliki kemampuan Bahasa Inggris lebih disukai.

Lainnya