Guru Pendidikan Agama Kristen bertanggung jawab membantu siswa memahami nilai-nilai Kristiani serta bagaimana menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru berperan dalam menumbuhkan perkembangan iman, pertumbuhan moral, serta praktik kasih dan toleransi di dalam komunitas yang beragam.
Tugas dan Tanggung Jawab Utama
1. Pengajaran & Kurikulum
- Melaksanakan pembelajaran PYP & MYP dengan metode terkini, berfokus pada Learner Profile, inkuiri, sikap, dan keterampilan lintas disiplin.
- Berkontribusi dalam pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi Kurikulum IB dan Kurikulum Nasional agar pembelajaran menantang, koheren, dan berkualitas.
- Mengelola perencanaan dan dokumentasi pembelajaran menggunakan YPJ Unit Planner dan SharePoint.
2. Penguatan Nilai & Pembinaan Karakter
- Memajukan visi, misi, dan nilai sekolah.
- Membantu pertumbuhan iman Kristen serta menumbuhkan rasa bela rasa dan toleransi terhadap keragaman keyakinan.
- Memfasilitasi siswa untuk mengembangkan potensi diri dan pertumbuhan pribadi.
3. Penilaian & Pendukung Pembelajaran
- Menggunakan penilaian formatif dan umpan balik yang tepat waktu untuk meningkatkan capaian siswa.
- Menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan latar belakang budaya-bahasa siswa.
- Mengembangkan lingkungan belajar yang aman, peduli, dan mendukung kesejahteraan sosial-emosional siswa.
4. Kolaborasi & Komunikasi
- Bekerja sama dengan rekan guru, pimpinan, dan orang tua untuk mendukung pembelajaran siswa.
- Menjalin komunikasi yang efektif dengan siswa dan orang tua terkait perkembangan akademik maupun perkembangan karakter.
- Menghadiri rapat, kegiatan sekolah, dan melaksanakan pengawasan sesuai tugas.
5. Kegiatan, Pengalaman, & Keterampilan
- Mendukung After-School Activities (ASA), ekstrakurikuler, dan layanan dukungan.
- Mematuhi kebijakan dan prosedur yayasan/organisasi.
- Melaksanakan tugas tambahan, termasuk jadwal guru pengganti.
Kualifikasi, Pengalaman, dan Keterampilan
- Minimal S1 Pendidikan Agama Kristen / Teologi.
- Lebih disukai jika memiliki pengalaman mengajar.
- Mampu mengelola pembelajaran berbasis teknologi dan dokumentasi digital.
- Memiliki pemahaman tentang Kurikulum IB dan Kurikulum Nasional.
- Mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik dalam lingkungan sekolah.
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris lebih disukai.
