Aspek Kompetensi
| PENGETAHUAN (KOGNITIF) |
| Memahami konsep dasar pemasaran dan periklanan, termasuk strategi pemasaran, segmentasi pasar, branding, dan tujuan periklanan. |
| Mengetahui berbagai platform media sosial yang umum digunakan untuk bisnis/usaha, serta aplikasi daring atau alat-alat online yang mendukung aktivitas pemasaran dan periklanan di media sosial. |
| Mengidentifikasi target pasar yang tepat untuk produk/jasa yang ditawarkan, serta memahami perilaku dan preferensi konsumen dalam konteks media sosial. |
| Menganalisis data riset terhadap produk/jasa dan merek, serta data yang diperoleh dari kegiatan analisis di media sosial untuk memahami tren, preferensi, dan respons konsumen. |
| Mengimplementasikan strategi pemasaran yang efektif menggunakan media sosial dan mengelola rencana aplikasi digital, termasuk persiapan konten digital, pengelolaan media sosial, dan kegiatan promosi merek. |
| SIKAP KERJA (AFEKTIF) |
| Memiliki sikap inisiatif untuk mempersiapkan ruang kerja dalam dunia pemasaran |
| Mematuhi prinsip keberlanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan dalam merancang kampanye media sosial yang berkelanjutan. |
| Mengusulkan inovasi dalam penggunaan platform media sosial yang baru dan tren terkini untuk meningkatkan daya saing bisnis. |
| Menunjukkan kepedulian terhadap keamanan dan privasi data pelanggan serta melaksanakan langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi informasi pribadi. |
| KETERAMPILAN (PSIKOMOTOR) |
| Membuat konten kreatif yang menarik dan relevan untuk media sosial, termasuk gambar, video, teks, dan elemen visual lainnya yang dapat meningkatkan daya tarik dan keterlibatan audiens. |
| Mengoperasikan berbagai alat dan aplikasi pemasaran digital yang digunakan dalam kampanye media sosial, seperti platform manajemen media sosial, alat analitik, alat perencanaan konten, dan alat pengelolaan iklan. |
| Melaksanakan strategi pemasaran yang telah direncanakan, termasuk mempublikasikan konten secara terjadwal, mengelola interaksi dengan pengguna, melaksanakan kegiatan promosi, dan melibatkan audiens melalui media sosial. |