EAL Specialist (MYP) Middle Years Programme (National)

Sebagai Spesialis EAL MYP (English as an Additional Language), Anda akan memainkan peran penting dalam memastikan siswa multibahasa dapat berkembang secara optimal di seluruh bidang mata pelajaran.
Peran ini berfokus pada pengajaran bahasa yang terarah, penguatan literasi akademik, serta kolaborasi dengan guru mata pelajaran untuk menjamin akses yang setara terhadap kurikulum MYP dan keberhasilan transisi menuju program Diploma (DP).

Tanggung Jawab Utama

  • Merancang dukungan bertingkat (tiered supports) yang selaras dengan kriteria mata pelajaran MYP dan keterampilan ATL (Approaches to Learning).
  • Berkolaborasi dengan guru mata pelajaran dalam perencanaan pembelajaran (co-planning) untuk mengintegrasikan tujuan bahasa dalam unit dan asesmen.
  • Menggunakan kerangka WIDA/CEFR untuk memantau perkembangan kemampuan bahasa dan memelihara dashboard data siswa.
  • Menerapkan model SIOP (Sheltered Instruction Observation Protocol) dalam konteks pembelajaran tingkat menengah.
  • Mengembangkan kemampuan menulis akademik dan orasi siswa untuk keberhasilan dalam bidang mata pelajaran.
  • Mendukung identitas multibahasa siswa dan menjamin akses pembelajaran sesuai dengan Kebijakan Bahasa IB (IB Language Policy).
  • Mempersiapkan siswa untuk masuk ke Diploma Programme (DP) melalui peningkatan kemampuan bahasa akademik lanjutan.
  • Menegakkan kebijakan perlindungan anak dan inklusi dalam seluruh aspek praktik pengajaran.

Latar Belakang Pengalaman

  • Memiliki rekam jejak yang terbukti dalam mendukung siswa multibahasa tingkat menengah dalam konteks akademik.
  • Berpengalaman dalam pengembangan literasi akademik pada mata pelajaran MYP.
  • Terbukti mampu berkolaborasi dengan guru untuk perancangan unit dan adaptasi asesmen.
  • Memahami sistem dukungan bahasa sekolah dan pemantauan perkembangan siswa.
  • Pengalaman sebelumnya di sekolah internasional atau sekolah IB sangat diutamakan.

Kualifikasi Profesional & Pendidikan

  • Gelar Sarjana di bidang Pendidikan, English as an Additional Language, Linguistik Terapan, atau bidang terkait (Gelar Magister lebih diutamakan).
  • Memiliki sertifikasi pengajaran ESL/EAL yang diakui.
  • Pengetahuan kuat tentang kerangka CEFR dan/atau WIDA untuk pengembangan bahasa.
  • Pelatihan dalam program IB atau perancangan kurikulum MYP menjadi nilai tambah.

Keahlian & Kompetensi

  • Keterampilan dalam mengintegrasikan strategi pengajaran bahasa dan literasi ke dalam proses pembelajaran bidang studi.
  • Memahami model SIOP, GLAD, atau pendekatan pengajaran terlindung (sheltered instruction) bagi siswa multibahasa.
  • Mampu melatih guru mata pelajaran dalam penerapan tujuan bahasa di kelas.
  • Menerapkan pendekatan berbasis data dalam pemantauan perkembangan siswa dan penyesuaian dukungan.
  • Berkomitmen terhadap pendidikan inklusif dan pengembangan identitas multibahasa siswa.
  • Memiliki kemampuan komunikasi lintas budaya dan interpersonal yang baik.

Lingkungan Kerja & Ekspektasi

  • Menjunjung tinggi nilai-nilai IB dalam kerangka Pancasila, dengan pemahaman terhadap kebutuhan anak-anak di lingkungan komunitas industri pertambangan.
  • Bekerja sama secara erat dengan guru MYP, koordinator MYP, dan Kepala Sekolah.
  • Berkontribusi dalam pengembangan kebijakan bahasa sekolah, inisiatif lintas sekolah, dan komunitas pembelajaran profesional (PLC).
  • Memberikan dukungan langsung kepada siswa melalui kegiatan kelompok kecil maupun model “push-in” di kelas.
  • Aktif dalam pengembangan profesional berkelanjutan serta mengikuti praktik terbaik dalam pendidikan multibahasa.
  • Menjaga kerahasiaan dan profesionalisme dalam pengelolaan data serta catatan siswa.

More