EAL Specialist (PYP) Primary Years Program (National)

Sebagai Spesialis EAL untuk Program PYP (Primary Years Programme), Anda akan merancang dan melaksanakan pengembangan bahasa Inggris berdampak tinggi melalui kombinasi pengajaran bersama (push-in co-teaching), intervensi kelompok kecil, dan pemantauan kemajuan jangka pendek (short-cycle monitoring) — memastikan setiap anak dapat mengakses kurikulum PYP yang kaya, berbasis inkuiri, dan inklusif.
Peran ini melibatkan kolaborasi erat dengan guru kelas, koordinator PYP, dan keluarga, guna membangun budaya pembelajaran yang berfokus pada pengembangan bahasa di seluruh sekolah.

Tanggung Jawab Utama

  • Berkolaborasi dalam perencanaan dan pengajaran bersama dengan guru kelas dan guru spesialis untuk mengintegrasikan tujuan pembelajaran bahasa dalam rencana unit dan pelajaran harian sesuai dengan kerangka kerja IB PYP.
  • Melakukan diferensiasi pembelajaran dengan menggunakan model berbasis riset seperti WIDA ELD dan SIOP.
  • Melakukan penyaringan, penempatan, dan pemantauan siswa melalui asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif.
  • Melacak kemajuan siswa menggunakan siklus data pendek (short data cycles) dan mengomunikasikan hasil perkembangan secara berkala.
  • Melatih dan mendampingi guru dalam strategi pengembangan bahasa di kelas.
  • Bekerja sama dengan keluarga untuk mendukung literasi di rumah.
  • Berpartisipasi dalam penyusunan dokumentasi serta pemenuhan persyaratan evaluasi IB.
  • Menjunjung tinggi dan menerapkan kebijakan perlindungan anak serta kebijakan inklusi.

Latar Belakang Pengalaman

  • Terbukti berhasil meningkatkan kemampuan literasi siswa multibahasa di tingkat awal/SD.
  • Memiliki pengalaman dalam penerapan model co-teaching secara efektif di lingkungan sekolah dasar.
  • Mampu berkolaborasi dengan guru dan keluarga dalam mendukung perkembangan bahasa anak.
  • Memiliki pengalaman di sekolah internasional atau lingkungan IB PYP akan menjadi nilai tambah.

Kualifikasi Profesional & Pendidikan

  • Gelar Sarjana di bidang Pendidikan atau bidang terkait, dengan sertifikasi ESL/EAL yang diakui.
  • Memahami kerangka dan alat asesmen berbasis WIDA/CEFR.
  • Menguasai model pengajaran berbasis riset untuk siswa multibahasa (seperti SIOP, GLAD, dll).
  • Pelatihan atau pengalaman dalam IB PYP sangat diutamakan.
  • Kemampuan berbahasa Indonesia menjadi nilai tambah untuk menjalin kemitraan yang efektif dengan keluarga siswa.

Keahlian & Kompetensi

  • Mampu mengintegrasikan strategi pengembangan bahasa dalam pembelajaran berbasis inkuiri (inquiry-based learning) PYP.
  • Memiliki keterampilan literasi data yang baik disertai kemampuan memantau kemajuan dalam siklus waktu yang singkat.
  • Terampil dalam melatih dan membimbing guru untuk menciptakan pembelajaran kaya bahasa.
  • Berkomitmen pada pendidikan inklusif dan pembelajaran berpusat pada anak (child-centered learning).
  • Memiliki kemampuan interpersonal yang kuat untuk berinteraksi dengan berbagai latar belakang keluarga dan staf sekolah.

Lingkungan Kerja & Ekspektasi

  • Menjunjung nilai-nilai IB dalam kerangka Pancasila, dengan memahami kebutuhan anak-anak di lingkungan komunitas industri pertambangan.
  • Berkolaborasi dengan guru PYP, koordinator PYP, dan kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran.
  • Menyediakan dukungan langsung bagi siswa melalui model push-in maupun intervensi kelompok kecil sesuai kebutuhan.
  • Melibatkan keluarga dalam dukungan literasi melalui lokakarya, sumber belajar, dan komunikasi rutin.
  • Berkontribusi dalam inisiatif sekolah secara menyeluruh, PLC (Professional Learning Community), serta proses evaluasi IB.
  • Menjaga kerahasiaan dan profesionalisme dalam mengelola data serta catatan perkembangan siswa.
  • Terus mengikuti pengembangan profesional berkelanjutan agar selalu mutakhir dalam praktik pendidikan multibahasa.

More