Early Years & Kindergarten Teacher (National/Expatriate)

Sebagai Early Years & Kindergarten Teacher, Anda akan bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan belajar yang hangat, menarik, dan berbasis inkuiri bagi peserta didik usia dini dalam setting IB PYP. Dengan pendekatan play-based learning (pembelajaran berbasis bermain), guru memfasilitasi perkembangan holistik anak, yang mencakup aspek kognitif, sosial-emosional, bahasa, dan motorik. Peran ini menuntut terciptanya pengalaman belajar yang berpusat pada murid dan bersifat transdisipliner, selaras dengan filosofi IB serta regulasi SPK.

Tanggung Jawab Utama

  1. Merencanakan dan melaksanakan pengalaman belajar berbasis inkuiri dan bermain yang selaras dengan kerangka kerja IB PYP.
  2. Mendorong lingkungan belajar yang berpusat pada anak, berbasis praktik langsung (hands-on), di mana siswa dapat mengeksplorasi, berkreasi, dan mengembangkan keterampilan penting.
  3. Mengintegrasikan aktivitas bercerita (storytelling), musik, gerak, dan seni untuk mendorong perkembangan bahasa dan ekspresi kreatif.
  4. Mengembangkan kegiatan literasi dan numerasi yang sesuai usia melalui bermain, eksplorasi, dan koneksi dengan kehidupan nyata.
  5. Menggunakan asesmen formatif dan sumatif untuk memantau perkembangan siswa dan menyesuaikan strategi pembelajaran.
  6. Menciptakan lingkungan kelas yang aman, inklusif, dan menstimulasi untuk mendukung seluruh peserta didik.
  7. Mendukung perkembangan sosial-emosional anak melalui penguatan positif, permainan kolaboratif, dan teknik pengendalian diri.
  8. Mendorong kemandirian, kepercayaan diri, dan kemampuan pemecahan masalah melalui permainan terstruktur maupun bebas.
  9. Membimbing siswa dalam penyelesaian konflik dan ekspresi emosi dengan strategi yang sesuai usia.
  10. Bekerja sama secara erat dengan orang tua untuk mendukung kesejahteraan, transisi, dan perkembangan anak secara menyeluruh.
  11. Berkontribusi dalam pengembangan kebijakan sekolah, Professional Learning Communities (PLC), dan program pelatihan guru.
  12. Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, pertunjukan, dan pameran yang merayakan hasil belajar siswa.

Latar Belakang & Pengalaman

  • Minimal 2 tahun pengalaman mengajar, diutamakan di sekolah IB PYP, sekolah internasional, atau bilingual dengan pendekatan pembelajaran berbasis bermain dan inkuiri.
  • Memiliki pengetahuan tentang teori perkembangan anak dan praktik terbaik dalam pendidikan anak usia dini.
  • Mampu menyesuaikan strategi mengajar untuk populasi siswa yang multikultural dan bersifat dinamis.
  • Pengalaman bekerja di wilayah terpencil atau lingkungan industri menjadi nilai tambah.
  • Pengalaman mengintegrasikan STEM, keberlanjutan, dan kesadaran lingkungan dalam kurikulum menjadi nilai plus.
  • Pengalaman dalam pelatihan guru, pengembangan kurikulum, atau peran kepemimpinan pendidikan menjadi nilai tambah.

Kualifikasi Profesional & Pendidikan

  • Minimal lulusan S1 Pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini, atau bidang terkait (S2 lebih diutamakan).
  • Memiliki sertifikasi mengajar atau kredensial yang relevan (misalnya: S.Pd., M.Pd., PGCE, B.Ed., sertifikasi IB PYP, sertifikasi profesional play-based learning, atau yang setara).
  • Pelatihan IB PYP dan pengalaman dalam perencanaan kurikulum IB sangat diinginkan.
  • Mahir berbahasa Inggris sebagai bahasa pengantar; kemampuan bilingual dalam Bahasa Indonesia dan Inggris menjadi nilai tambah.

Keahlian & Kompetensi

  • Integrasi dan penyelarasan kurikulum – pemahaman standar IB PYP dan persyaratan pendidikan nasional Indonesia.
  • Sensitivitas budaya dan keterlibatan komunitas – memahami kebutuhan sosial dan emosional anak dalam lingkungan industri pertambangan.
  • Resiliensi dan adaptabilitas – mampu bekerja di lingkungan sekolah terpencil dan mendukung siswa dengan dinamika keluarga transisi.
  • Kolaborasi dan kepemimpinan – berpengalaman bekerja dengan tim lintas fungsi, orang tua, dan pemangku kepentingan.
  • Penggunaan teknologi pembelajaran – familiar dengan LMS, pembelajaran berbasis teknologi, dan asesmen berbasis data.
  • Pemahaman kuat tentang perkembangan anak usia dini dan pembelajaran berbasis bermain.
  • Mahir dalam metode pengajaran berbasis inkuiri dan transdisipliner serta manajemen kelas.
  • Memiliki kemampuan manajemen kelas yang sangat baik dalam setting play-based.
  • Melaksanakan tugas lain yang relevan sesuai arahan Kepala Sekolah atau pimpinan terkait.
  • Memiliki passion dalam menumbuhkan rasa ingin tahu, kreativitas, dan kemandirian belajar anak.

Lingkungan Kerja & Ekspektasi

  • Memegang komitmen terhadap nilai IB PYP dalam kerangka Pancasila, serta memahami kebutuhan anak di komunitas industri pertambangan.
  • Bersedia terlibat dalam pengembangan profesional, review kurikulum, dan program pelatihan.
  • Menjaga pendekatan pembelajaran yang fleksibel dan berpusat pada anak.
  • Fleksibel dalam bekerja dengan siswa yang orang tuanya memiliki jadwal kerja rotasi.
  • Berkontribusi dalam menciptakan budaya sekolah yang positif dan mendukung perkembangan holistik siswa.
  • Menjaga komunikasi yang terbuka dan efektif dengan siswa, orang tua, dan pimpinan sekolah.
  • Menjaga pencatatan dan dokumentasi untuk mendukung perencanaan, proses pembelajaran, asesmen, dan pelaporan; serta merencanakan dan mengomunikasikan program sekolah secara tepat waktu.

Lainnya

Yayasan Pendidikan Jayawijaya

Librarian/ Pustakawan

Pustakawan bertugas mengelola koleksi dan fasilitas perpustakaan, mendukung literasi serta penelitian siswa,

Detail
Yayasan Pendidikan Jayawijaya

Student Support Teacher

Guru Pendamping Khusus bertugas mendukung siswa dengan kebutuhan pendidikan tambahan melalui perencanaan

Detail
Yayasan Pendidikan Jayawijaya

ICT Teacher/ Guru TIK

Guru TIK bertugas mengajar teknologi informasi, membimbing siswa menguasai keterampilan digital, serta

Detail