Sebagai Guru Desain IB MYP, Anda bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum Desain yang terstruktur dan berstandar tinggi, berbasis inkuiri, dan berorientasi pada konsep, yang selaras dengan kerangka kerja IB MYP. Peran ini menekankan pada design thinking, inovasi, dan pemecahan masalah, dengan mendorong siswa untuk meneliti tantangan nyata, menciptakan solusi, serta mengevaluasi hasil melalui siklus desain iteratif.
Tanggung Jawab Utama
- Mengembangkan, merencanakan, dan melaksanakan unit Desain MYP yang menarik dan selaras dengan standar IB serta visi dan misi sekolah.
- Mendorong kreativitas, berpikir kritis, dan rasa ingin tahu melalui proyek desain berbasis praktik yang menggunakan teknologi digital maupun produk nyata.
- Merancang pengalaman belajar yang mendukung pengembangan keterampilan ATL (Approaches to Learning) IB dan sesuai dengan kriteria MYP A–D (Inquiring & Analyzing, Developing Ideas, Creating Solutions, Evaluating).
- Mengintegrasikan prinsip-prinsip desain lintas disiplin dan berkolaborasi dengan guru mata pelajaran lain untuk mendorong pembelajaran interdisipliner.
- Menjaga studio desain atau makerspace yang aman dan terorganisir dengan baik untuk mendorong eksperimen dan inovasi.
- Mendiferensiasikan pembelajaran agar sesuai dengan gaya belajar, tingkat kemampuan bahasa, dan kebutuhan individu siswa.
- Mengembangkan penilaian formatif dan sumatif yang konsisten dengan kriteria penilaian MYP serta memberikan umpan balik yang tepat waktu dan membangun.
- Membimbing siswa dalam mendokumentasikan dan merefleksikan pembelajarannya melalui portofolio desain digital.
- Mengintegrasikan nilai-nilai keberlanjutan, etika, dan kesadaran global dalam proyek desain.
- Berpartisipasi aktif dalam komunitas pembelajaran profesional (PLC), proses kajian kurikulum, dan sesi perencanaan kolaboratif.
- Melaksanakan tugas tambahan lainnya yang diberikan oleh Kepala Sekolah atau atasan yang ditunjuk.
Latar Belakang & Pengalaman
- Minimal 5 tahun pengalaman mengajar, diutamakan di sekolah IB MYP, internasional, atau dwibahasa.
- Pengalaman mengajar design thinking, desain produk, desain digital, atau bidang terkait (misalnya STEM, robotika, atau pendidikan teknologi).
- Pengalaman mengintegrasikan keberlanjutan, inovasi, dan pemecahan masalah nyata dalam praktik pembelajaran.
- Pernah terlibat dalam pengembangan kurikulum, pameran proyek, atau pembelajaran interdisipliner.
- Terbiasa menggunakan alat teknologi seperti perangkat lunak CAD, fabrikasi digital, platform pemrograman, atau alat pemodelan 3D.
Kualifikasi Profesional & Pendidikan
- Gelar Sarjana di bidang Desain, Teknologi Desain, Teknik, Arsitektur, Ilmu Komputer, atau bidang terkait (lebih disukai Magister).
- Memiliki kualifikasi mengajar resmi (misalnya PGCE, B.Ed., atau setara).
- Pelatihan IB MYP dan pemahaman mendalam tentang filosofi IB sangat diutamakan.
- Menguasai Bahasa Inggris untuk pengajaran; kemampuan dwibahasa (Bahasa Indonesia & Inggris) menjadi nilai tambah.
- Memahami standar keselamatan terkait desain, praktik bengkel, dan alat digital.
Keahlian & Kompetensi
- Pengetahuan kuat tentang kerangka kerja dan kriteria penilaian IB MYP Design.
- Kemampuan mengintegrasikan alat digital dan platform teknologi desain (misalnya Tinkercad, Adobe Suite, kit robotika).
- Kepekaan budaya dan keterlibatan komunitas – Memahami kebutuhan sosial dan emosional unik anak-anak di lingkungan industri pertambangan.
- Ketahanan dan adaptabilitas – Mampu bekerja di lingkungan sekolah terpencil dan mendukung siswa dengan dinamika keluarga selama masa penyesuaian di lingkungan baru.
- Kolaborasi dan kepemimpinan – Berpengalaman bekerja dengan tim lintas fungsi, orang tua, dan pemangku kepentingan untuk meningkatkan pembelajaran siswa.
- Kemampuan menggunakan alat pembelajaran digital – familiar dengan platform LMS, pembelajaran berbasis teknologi, kegiatan laboratorium, dan strategi penilaian berbasis data.
- Pemahaman kuat tentang IB Approaches to Teaching and Learning (ATL).
- Strategi manajemen kelas dan keterlibatan siswa yang efektif.
Lingkungan Kerja & Ekspektasi
- Menunjukkan keselarasan dengan misi IB dan nilai-nilai Amman Academy: Stronger Together, Stay Humble, Stay Hungry, Stay Human.
- Komitmen terhadap nilai-nilai IB dalam kerangka Pancasila, sambil memahami kebutuhan anak-anak di komunitas industri pertambangan.
- Bersedia mengikuti pengembangan profesional, kajian kurikulum, dan pelatihan lanjutan.
- Mendorong keterlibatan siswa di luar kelas melalui klub, proyek, dan pembelajaran luar ruangan.
- Fleksibel dalam bekerja dengan siswa yang orang tuanya memiliki jadwal kerja rotasi.
- Berkontribusi dalam membangun budaya sekolah yang positif untuk mendukung pengembangan holistik siswa.
- Menjaga komunikasi yang terbuka dan efektif dengan siswa, orang tua, dan pimpinan sekolah.
- Memelihara catatan dan dokumen untuk mendukung perencanaan, pengajaran, penilaian, dan pelaporan; serta merencanakan dan mengkomunikasikan program sekolah secara teratur.

