Pustakawan bertugas mengelola koleksi dan fasilitas perpustakaan, mendukung literasi serta penelitian siswa, serta berkolaborasi dengan guru untuk menyediakan sumber belajar yang relevan dan menarik.
Tugas dan Tanggung Jawab Utama
1. Pemahaman Kurikulum dan Koleksi
- Memahami filosofi dan kerangka kurikulum IB (PYP & MYP), termasuk Profil Pelajar, ATL, Tema Transdisipliner, dan Global Contexts.
- Menyediakan dan mengelola koleksi literatur yang inklusif, multikultural, dan mendukung international-mindedness.
- Memahami strategi penelitian dan konsep lintas disiplin untuk mendukung pembelajaran siswa.
2. Pengelolaan Perpustakaan
- Menata dan memelihara koleksi buku, sumber daya, dan fasilitas perpustakaan agar ramah, menarik, dan mendukung kegiatan membaca serta penelitian.
- Mengatur operasional harian, termasuk pencatatan peminjaman, pengembalian, dan penataan ruang.
- Memantau kondisi fasilitas, melaporkan kebutuhan perbaikan, dan menjaga keselamatan lingkungan perpustakaan.
3. Dukungan Pembelajaran dan Literasi
- Berkolaborasi dengan guru dan ICT Officer untuk menyediakan sumber daya sesuai kebutuhan unit pembelajaran.
- Mengembangkan strategi untuk membantu siswa dalam literasi dan penelitian, termasuk intervensi atau pengayaan.
- Membimbing siswa menemukan buku atau sumber daya yang tepat, memberikan dukungan penelitian, dan membacakan buku pada sesi perpustakaan.
4. Promosi dan Keterlibatan
- Mempromosikan penggunaan perpustakaan melalui acara, dekorasi tematik, dan informasi koleksi baru.
- Mengikuti tren literasi, mengidentifikasi materi pemenang penghargaan, dan mengembangkan program untuk meningkatkan minat baca.
- Berpartisipasi dalam rapat perencanaan tim untuk mendukung unit inkuiri yang akan datang.
Kualifikasi, Pengalaman, dan Keterampilan :
- S1 Ilmu Perpustakaan atau S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan
- Lebih disukai jika memiliki pengalaman bekerja;
- Memiliki pemahaman tentang Kurikulum IB dan Kurikulum Nasional;
- Memiliki pengalaman sebagai Teacher Librarian di jenjang PYP dan MYP dan guru;
- Memiliki pengetahuan tentang sistem klasifikasi dan katalogisasi buku;
- Memiliki pengetahuan tentang sitasi dan plagiarism;
- Memiliki pengetahuan tentang literasi informasi (information literacy) dan literasi media digital;
- Mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik dalam lingkungan sekolah;
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris lebih disukai.