Pendidikan ๐—š๐—น๐—ผ๐—–๐—ฎ๐—นโ : ๐—š๐—น๐—ผbal Pandemic with Lo๐—–๐—ฎ๐—น Response

Proyeksi yang dilakukan oleh Tim World Bank pada bulan Agustus tahun lalu menguak kondisi learning loss yang cukup mengenaskan. Angka 33% tingkat efektivitas yang digunakan untuk memproyeksi tren skor PISA siswa-siswi Indonesia diolah dari tiga data lainnya: 95% adalah asumsi dasar tingkat penjangkauan bantuan PJJ dari pemerintah, 86% adalah tingkat akses internet atau TV pada rumah tangga seluruh Indonesia (Susenas 2018), dan 40% adalah estimasi rata-rata efektivitas pembelajaran siswa pada kondisi PJJ (Azevedo et al 2000).

Angka 40% yang didapatkan menggunakan metode yang dikembangkan oleh World bank, yang merupakan rerata dari dua kategori garis besar profil peserta didik di Indonesia. Pembelajaran siswa SMP/SMA dari tingkat sosial ekonomi atas, yang memanfaatkan tutor online atau sumber pembelajaran daring lainnya, sangat mungkin mencapai tingkat efektivitas 100%. Artinya, kualitas pengalaman PJJ mereka sama saja dengan pembelajaran tatap muka. Pembelajaran ๐˜€๐—ถ๐˜€๐˜„๐—ฎ ๐—น๐—ฒ๐—ฏ๐—ถ๐—ต ๐—บ๐˜‚๐—ฑ๐—ฎ, yang berasal dari ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฎ๐—ต ๐Ÿฏ๐—ง, dan yang memiliki kendala lainnya (kehabisan data, harus bantu pekerjaan keluarga, kekurangan gawai untuk belajar) ๐˜๐—ฒ๐—ฟ๐—น๐—ฒ๐—บ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฟ ๐—ท๐—ฎ๐˜๐˜‚๐—ต ๐—ฑ๐—ถ ๐˜๐—ถ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐˜ ๐—ฒ๐—ณ๐—ฒ๐—ธ๐˜๐—ถ๐˜ƒ๐—ถ๐˜๐—ฎ๐˜€ ๐Ÿฑ% ๐—ฑ๐—ถ๐—ฏ๐—ฎ๐—ป๐—ฑ๐—ถ๐—ป๐—ด ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ฏ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐—ท๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ป ๐˜๐—ฎ๐˜๐—ฎ๐—ฝ ๐—บ๐˜‚๐—ธ๐—ฎ. Apa yang didapat dari uraian berikut? Bahwa ๐˜๐—ถ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐˜ ๐—ฒ๐—ณ๐—ฒ๐—ธ๐˜๐—ถ๐˜ƒ๐—ถ๐˜๐—ฎ๐˜€ ๐Ÿฏ๐Ÿฏ% ๐˜๐—ถ๐—ฑ๐—ฎ๐—ธ ๐—ฑ๐—ฎ๐—ฝ๐—ฎ๐˜ ๐—ฑ๐—ถ ๐—ฏ๐—ฒ๐—ฟ๐—น๐—ฎ๐—ธ๐˜‚๐—ธ๐—ฎ๐—ป ๐—ธ๐—ฒ๐—ฝ๐—ฎ๐—ฑ๐—ฎ ๐˜€๐—ฒ๐—น๐˜‚๐—ฟ๐˜‚๐—ต ๐—ฝ๐—ฒ๐˜€๐—ฒ๐—ฟ๐˜๐—ฎ ๐—ฑ๐—ถ๐—ฑ๐—ถ๐—ธ ๐˜€๐—ฒ-๐—œ๐—ป๐—ฑ๐—ผ๐—ป๐—ฒ๐˜€๐—ถ๐—ฎ. Yang tinggal di daerah, yang tidak memiliki kelancaran pembelajaran seperti lainnya, ternyata memiliki tingkat efektivitas jauh dibawah 33%. Realitanya, jurang kesenjangan pendidikan pada masa pandemi ini semakin menggerogoti bangsa kita. Bagaimana seandainya proyeksi ini kembali diadakan di bulan Mei 2021, saat PJJ telah berlangsung selama hampir satu tahun?

Hasil proyeksi di bulan Agustus 2020 lalu, ketika PJJ “baru” berjalan selama 3 bulan,โ  adalah sebuah penemuan yang seharusnya membuat kita gelisah karena memang sangatlah meresahkan. Ya, kita semua para pelaku dan pemerhati pendidikan, termasuk semua pemangku kepentingan,โ  khususnya di bumi nusantara dengan timbulnya beragam kesenjangan yang semakin memprihatinkan.โ  Di tengah semua daya dan upaya yang pemerintah telah dan sedang terus mengerjakan,-sembari harus mempertimbangkan semua varian variabel di lapangan yang tidak hentinya menghempas bagai laut tanpa tepian-tidak bisa tidak, kita semua harus mengambil tindakan karena pemerintah tidak mungkin melangkah sendirian. Ya, kita semua harus ikut merespon dan serentak bergerak dengan jelas dan internasional menuju satu tujuan.โ 

Meresponi PANDEMI GLOBAL dengan KEARIFAN LOKAL untuk ikut serta memberi solusi nyata di lapangan,โ  hanya mungkin dapat terjadi saat kita semua punya rasa memiliki untuk sebuah wujud nyata kepedulian. Kepedulian yang peka melihat dan menyadari, bahwa masih begitu banyak hal yang dapat kita lakukan bersama. Kita harus bertekad merespon dengan ๐—š๐—น๐—ผ๐—–๐—ฎ๐—น; bersama bersumbangsih, berderap maju dalam semua keterbatasan.โ 

GloCal bukanlah sebuah jargon kekinian untuk sekadar ikut-ikutan.โ  Siap atau tidak, sadar atau tidak, pengaruh global memang sudah menjadi bagian hidup keseharian.โ  Lantas apa yang dapat membantu anak-cucu kita untuk mampu membedakan setiap keberagaman varian variabel di lapangan,โ  agar benar-benar siap merespon dengan bijak dan dapat ikut aktif berperan?โ โ 

Pendidikan harus mampu ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ถ๐—บ๐—ฝ๐—ถ๐—ป ๐—บ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฒ๐—ธ๐—ฎ ๐˜‚๐—ป๐˜๐˜‚๐—ธ ๐—ธ๐—ฒ๐—น๐˜‚๐—ฎ๐—ฟ (educere) dari kungkungan kepicikan (kognitif), ketidakpedulian (afektif), ketidakmampuan (psikomotorik); membantu mereka melihat, mengagumi dan memberdayakan “pepohonan” di ruang lingkup mereka (kearifan lokal), yang merupakan bagian tak terpisahkan dalam keberadaan “hutan dunia” (perspektif global).โ 

Pendidikan harus mampu ๐—บ๐—ฒ๐—ป๐˜‚๐—ป๐˜๐˜‚๐—ป ๐—บ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฒ๐—ธ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฒ๐—ป๐˜‚๐—ต ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐—ต๐—ฎ๐˜๐—ถ๐—ฎ๐—ป ๐—ฑ๐—ฎ๐—น๐—ฎ๐—บ ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ฒ๐—น๐—ถ๐—ต๐—ฎ๐—ฟ๐—ฎ๐—ฎ๐—ป (educare); melibatkan mereka dalam setiap fase proses pertumbuhan, mengenali SIAPA diri mereka dan MENGAPA mereka melakukan apa yang mereka lakukan; menyadari dan mampu menyikapi kegagalan dan keberhasilan sebagai bagian pembentukan pribadi dan komunitas dalam keutuhan.โ 

Pendidikan harus mampu ๐—บ๐—ฒ๐—น๐—ฎ๐˜๐—ถ๐—ต ๐—ฑ๐—ฎ๐—ป ๐—บ๐—ฒ๐—บ๐—ฝ๐—ฒ๐—ฟ๐—น๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ธ๐—ฎ๐—ฝ๐—ถ ๐—บ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฒ๐—ธ๐—ฎ ๐—ฑ๐—ฒ๐—ป๐—ด๐—ฎ๐—ป ๐—ฝ๐—ฒ๐—บ๐—ฎ๐—ต๐—ฎ๐—บ๐—ฎ๐—ป (educatum); menelusuri dan menyelidiki makna bersama mereka, agar mampu menggali dan memaksimalkan potensi pemberian ilahi untuk siap meresponi setiap situasi dengan bijak dan ikut aktif berperan dengan penuh kegairahan.โ 

Tiga langkah kecil kami adalah wujud nyata sebuah cinta dan dedikasi dalam semua keterbatasan. Mengelola pemberian Sang Anugrah agar mampu memberikan yang terbaik untuk serentak bergerak, belajar, dengan merdeka lewat langkah-langkah nyata, ikut bersumbangsih dalam dan untuk keberagaman lapisan.โ 

๐—š๐˜‚๐—ฟ๐˜‚๐—ž๐—ฟ๐—ฒ๐—ฎ๐˜๐—ผ๐—ฟ – 1 Tujuan, 2G Konektivitas, karena guru-guru di 3T pun harus memiliki akses untuk berkreasi dalam keutuhan kerangka pemikiran!

๐— ๐˜‚๐—ฟ๐—ถ๐—ฑ๐—ž๐—ฟ๐—ฒ๐—ฎ๐˜๐—ถ๐—ณ – 1 Tujuan, 2G Konektivitas, karena murid-murid di 3T pun adalah anak-anak kreatif yang harus mendapat kesempatan!

๐—–๐—ผ๐˜ƒ๐—ฒ๐—–๐—ผ๐—ฑ๐—ฒ๐—ฟ๐˜€ – anak-anak yang memiliki akses lebih, mulai usia 4 – 17 tahun, sekarang pun dapat belajar berpikir kritikal dan konseptual dengan giat dan bersemangat, ikut membangun bangsa demi masa depan!

Kami siap, sudah dan akan senantiasa bergerak… bagaimana dengan Anda?

Bersama bergerak menuju ๐—š๐—˜๐—ก๐—˜๐—ฅ๐—”๐—ฆ๐—œ ๐—˜๐— ๐—”๐—ฆ ๐Ÿฎ๐Ÿฌ๐Ÿฐ๐Ÿฑ, ๐Ÿญ๐Ÿฌ๐Ÿฌ ๐˜๐—ฎ๐—ต๐˜‚๐—ป ๐—œ๐—ป๐—ฑ๐—ผ๐—ป๐—ฒ๐˜€๐—ถ๐—ฎ ๐— ๐—ฒ๐—ฟ๐—ฑ๐—ฒ๐—ธ๐—ฎ!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *