Special Educational Needs (SEN) Teacher (National)

Sebagai Guru Pendidikan Khusus (Student Support Special Education Teacher), Anda akan bertanggung jawab dalam memberikan dukungan kepada siswa dengan beragam kebutuhan belajar di lingkungan Sekolah IB Continuum.
Peran ini mencakup perancangan dan pelaksanaan rencana pembelajaran individual, bekerja sama dengan guru kelas dan staf pendukung untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, suportif, dan berorientasi pada pertumbuhan siswa.

Anda akan berkolaborasi secara erat dengan siswa, orang tua, guru, dan pimpinan sekolah untuk mendorong perkembangan akademik, sosial-emosional, serta kemandirian siswa.

Tanggung Jawab Utama

  • Mengembangkan dan melaksanakan Rencana Pembelajaran Individual (IEP) serta akomodasi pembelajaran bagi siswa dengan kebutuhan khusus.
  • Menyesuaikan kurikulum IB agar relevan dan dapat diakses oleh semua siswa tanpa mengurangi standar akademik.
  • Menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi (differentiated instruction) dan strategi multisensori untuk meningkatkan keterlibatan siswa.
  • Memberikan bimbingan individual dan kelompok kecil untuk mendukung kemajuan belajar siswa.
  • Mendorong kemandirian dan kemampuan advokasi diri (self-advocacy) di kalangan siswa dengan perbedaan kebutuhan belajar.
  • Melaksanakan penilaian berkelanjutan (ongoing assessments) guna memantau kemajuan dan menyesuaikan strategi pembelajaran.
  • Memberikan umpan balik konstruktif kepada siswa, orang tua, dan rekan sejawat.
  • Mendokumentasikan secara akurat perkembangan siswa, penyesuaian, dan intervensi pembelajaran.
  • Mengembangkan serta menerapkan intervensi efektif yang mendukung pembelajaran holistik dan kesejahteraan siswa.
  • Memberikan dukungan perilaku dan emosional yang selaras dengan prinsip Social-Emotional Learning (SEL).
  • Bekerja sama dengan guru untuk memastikan modifikasi dan akomodasi kelas sesuai kebutuhan siswa.
  • Berkolaborasi dengan orang tua dan spesialis eksternal untuk menangani kebutuhan siswa secara menyeluruh.
  • Bekerja erat dengan guru, konselor, dan pimpinan sekolah dalam mendukung keberhasilan siswa.
  • Melaksanakan tugas lain yang relevan sesuai arahan Kepala Sekolah atau pimpinan yang berwenang.
  • Berpartisipasi dalam komunitas pembelajaran profesional (PLC), pengembangan kebijakan sekolah, dan program pelatihan guru.
  • Tetap mengikuti perkembangan praktik terbaik dalam pendidikan khusus dan pembelajaran inklusif.

Latar Belakang Pengalaman

  • Minimal 2 tahun pengalaman bekerja dengan siswa yang memiliki kebutuhan belajar beragam, disabilitas, atau keistimewaan.
  • Memahami kerangka kerja IB PYP dan MYP, serta cara adaptasinya untuk pembelajar dengan kebutuhan khusus menjadi nilai tambah.
  • Berpengalaman dalam menerapkan intervensi individual dan pembelajaran berdiferensiasi.
  • Latar belakang kuat dalam pendidikan kolaboratif dan berpusat pada siswa.
  • Pengalaman bekerja di komunitas terpencil atau berbasis industri merupakan keunggulan tambahan.

Kualifikasi Profesional & Pendidikan

  • Gelar Sarjana dalam bidang Pendidikan Khusus, Pendidikan Inklusif, atau bidang terkait (Magister lebih diutamakan).
  • Pelatihan dan pengalaman dengan IB PYP/MYP serta perencanaan kurikulum IB lebih diutamakan.
  • Kemampuan berbahasa Inggris yang baik untuk pengajaran berbahasa Inggris (English-medium instruction); kemampuan dwibahasa (Bahasa Indonesia & Inggris) menjadi nilai tambah.
  • Pengetahuan tentang teknologi bantu (assistive technology) dan strategi pembelajaran inklusif.

Keahlian & Kompetensi

  • Pemahaman mendalam tentang peraturan pendidikan khusus, pengembangan IEP, dan akomodasi pembelajaran sesuai dengan tahap perkembangan remaja.
  • Pengetahuan tentang Multi-Tiered Systems of Support (MTSS) dan Response to Intervention (RTI).
  • Kemampuan berpikir kritis dan pendekatan berbasis riset dalam praktik profesional.
  • Keterampilan komunikasi dan kolaborasi yang kuat untuk bekerja dengan siswa, guru, dan keluarga.
  • Komitmen terhadap pendidikan inklusif dan pemerataan kesempatan belajar.

Lingkungan Kerja & Ekspektasi

  • Menjunjung tinggi nilai-nilai IB MYP dan DP dalam kerangka Pancasila, dengan pemahaman terhadap kebutuhan anak-anak di komunitas industri pertambangan.
  • Bersedia berpartisipasi dalam pengembangan profesional, peninjauan kurikulum, dan pelatihan guru.
  • Bekerja sama secara aktif dengan guru, administrator, dan tim dukungan siswa untuk memastikan kesejahteraan siswa.
  • Fleksibel dalam bekerja dengan siswa yang orang tuanya memiliki jadwal kerja rotasi.
  • Menjaga kerahasiaan dan profesionalisme dalam pengelolaan data serta informasi sensitif siswa.

More