Guru Pendidikan Anak Usia Dini adalah seorang spesialis dalam mengembangkan kemampuan sosial-emosional, fisik, kognitif, dan bahasa anak-anak. Anak-anak belajar melalui proses bermain dan penemuan, di mana guru berperan sebagai fasilitator untuk menumbuhkan ekspresi kreatif. Pada tingkat taman kanak-kanak, pembelajaran mulai difokuskan secara lebih formal pada konsep literasi dan matematika. Guru bertanggung jawab atas pelaksanaan Program Pendidikan Anak Usia Dini dengan pendekatan inkuiri dan eksplorasi terbuka untuk melibatkan siswa secara aktif. Guru juga bertanggung jawab mengajarkan kesehatan dan keselamatan pribadi serta menumbuhkan keterampilan lintas disiplin (soft skills) dan Learner Profile sebagai bagian penting dari program PYP.
Tujuan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini bertugas mewujudkan visi dan tujuan sekolah melalui penyelenggaraan program berbasis bermain (play-based program) sesuai dengan prinsip-prinsip PYP. Dengan menggunakan praktik pendidikan kontemporer, guru mengimplementasikan kurikulum eksploratif yang berfokus pada perkembangan sosial-emosional, kognitif, fisik, dan bahasa. Guru menggunakan musik, drama, seni, tari, dan gerak fisik untuk mendukung perkembangan anak di berbagai aspek tersebut.
Guru juga berperan penting dalam mendukung perkembangan bahasa di seluruh aspek kegiatan berbasis bermain, dengan mendorong perspektif multibahasa mengingat pentingnya tahap pembentukan kemampuan berbahasa. Guru diharapkan memegang komitmen kolaboratif sekolah serta menunjukkan profesionalisme dengan meneladankan nilai-nilai sekolah dan Learner Profile.
Tugas dan Tanggung Jawab Utama
- Menggunakan metode dan praktik pendidikan modern untuk melaksanakan program berbasis bermain dengan perhatian khusus pada prinsip-prinsip PYP dan pengembangan sosial-emosional, fisik, kognitif, serta bahasa anak.
- Mempromosikan visi, tujuan, dan nilai-nilai sekolah yang merupakan komponen inti dari program PYP.
- Berkontribusi aktif dalam mengembangkan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menyempurnakan kurikulum anak usia dini guna menumbuhkan wawasan internasional serta memastikan rasa ingin tahu dan imajinasi siswa berkembang melalui pembelajaran yang relevan dan menarik.
- Menggunakan asesmen dan pembelajaran yang responsif untuk memenuhi kebutuhan setiap anak dan mempersonalisasi pembelajaran, dengan memperhatikan latar belakang budaya dan bahasa siswa.
- Menggunakan berbagai asesmen formatif berbasis kelas, termasuk catatan anekdot dan observasi, untuk mendukung perkembangan anak secara menyeluruh pada aspek fisik, kognitif, sosial-emosional, dan bahasa, sesuai dengan kebijakan asesmen PYP dan YPJ.
- Mengelola, merencanakan, dan mendokumentasikan pembelajaran yang sesuai dan mendorong keterlibatan serta rasa ingin tahu siswa.
- Memfasilitasi setiap siswa untuk mengeksplorasi dan mengembangkan potensinya guna mencapai pertumbuhan pribadi.
- Mengembangkan lingkungan belajar yang penuh perhatian dan kasih sayang yang mendukung kesejahteraan serta kesehatan sosial-emosional siswa.
- Melaksanakan seluruh tanggung jawab profesional, termasuk supervisi yang efektif, kehadiran dalam rapat, perencanaan kolaboratif, dan kegiatan sekolah.
- Bekerja sama dengan rekan guru, orang tua, dan pimpinan sekolah untuk meningkatkan proses belajar mengajar serta merefleksikan praktik profesional demi peningkatan hasil belajar siswa.
- Menggunakan sistem Penilaian Kinerja Guru YPJ untuk menetapkan tujuan profesional dalam pengembangan diri.
- Berkomunikasi secara efektif dengan siswa dan orang tua mengenai pembelajaran serta menjalin kemitraan untuk mendukung kemajuan siswa.
- Melaksanakan seluruh kegiatan sekolah dengan aman dan sesuai dengan kebijakan serta prosedur Yayasan dan PTFI.
- Mendukung kegiatan service learning dan outreach program.
- Berpartisipasi dalam jadwal tugas pengganti jika diperlukan.
- Melaksanakan tugas lain yang diberikan sesuai kebutuhan.
Kualifikasi, Pengalaman, dan Keterampilan
- Gelar S1 Pendidikan, diutamakan memiliki minimal 2 tahun pengalaman mengajar di bidang pendidikan anak usia dini.
- Gelar S1 non-Pendidikan dengan tambahan Sertifikat Mengajar di bidang pendidikan anak usia dini lebih disukai.
- Minimal memiliki sertifikat PGTK untuk pendidikan anak usia dini, diutamakan dengan 2 tahun pengalaman mengajar; atau gelar S1 dalam bidang Bahasa Inggris, Psikologi, Keperawatan, atau bidang terkait perkembangan anak, dengan pengalaman mengajar wajib minimal 2 tahun.
- Memiliki pola pikir terbuka dan kreatif.
- Reflektif terhadap praktik pembelajaran.
- Mendukung penggunaan teknologi dalam pembelajaran.
- Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik.
